Rabu, 31 Desember 2014

Nyanyian Musa dan Israel (Kebaktian Kunci Tahun di JGSN)

Membunyikan Terompet sebagai tanda melepas tahun 2014 & memasuki tahun 2015

Kebaktian Kunci Tahun, Rabu, 31 Desember 2014, di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol (Ketua Majelis Jemaat Gunung Sinai Naikolan). Kebaktian kunci tahun yan dihadiri oleh segenap Jemaat Gunung Sinai Naikolan dan sebagian jemaat tamu ini dilakukan sebagai ibadah tutup tahun, meninggalkan tahun 2014, untuk memasuki tahun yang baru, 2015.

Pembacaan Firman Tuhan pada ibadah kunci tahun kali ini berdasarkan kitab Keluaran 15:1-18; “Nayanyian Musa dan Israel”, dengan Nats Pembimbing terambil dari Wahyu 15:3.

Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol, dalam khotbahnya, menekankan tentang pentingnya nyanyian syukur kepada Tuhan sebagaimana yang dilakukan oleh Musa dan bangsa Israel pada masa lalu.

Salah satu manfaat bernyanyi adalah sebagai sarana mengungkapkan perasaan. Israel dikenal sebagai bangsa yang suka bernyanyi sebagai bentuk ekspresi dan ungkapan iman. Musa dan bangsa Israel melakukan nyanyian kemenangan karena baru saja mengalami pembebasan dari perbudakan di Mesir. Allah membebaskan Musa dan bangsa Israel dari kejaran pasukan Firaun yang dipenuhi dengan rasa permusuhan, dendam dan benci. Tangan Tuhan membantu umat Israel dengan membuat laut Teberau menjadi kering untuk dilewati oleh umat-Nya. Allah sendiri berpegang teguh akan janji setia-Nya kepada umat Israel.

Setelah lolos, Musa dan bangsa Israel bernyanyi mengagungkan kasih Allah. Mereka meyakini bahwa apa yang Allah perbuat adalah perbuatan ajaib Tuhan yang merupakan wujud kasih setia Tuhan kepada mereka sebagai umat pilihan-Nya.

Dalam rangka memasuki tahun 2015, kita yang juga sebagai umat pilihan Allah tidak perlu ragu/kuatir/takut memasuki kehidupan di tahun yang baru. Kita harus selalu berpegang teguh pada iman dan percaya kita kepada Tuhan, karena Tuhan sendiri yang menjadi/memberi kekuatan bagi umat-Nya dalam memasuki masa depan yang lebih baik.

Seperti yang dikatakan di dalam Nats Pembimbing (Wahyu15:3: ….. “Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!), bangsa Israel telah mengalami sendiri perbuatan Tuhan yang ajaib di laut Teberau. Memasuki tahun yang baru (tahun 2015), Tuhan telah membawa kita maka Tuhan akan menuntun kita di tahun yang baru.

Kebaktian kunci tahun di Jemaat Gunung Sinai Naikolan juga ditandai dengan meniup/memadamkan lilin tahun 2014 oleh Ketua Majelis sebagai tanda berakhirnya tahun 2014, dan membunyikan terompet oleh 11 orang anggota Majelis sebagai tanda memasuki tahun yang baru, 2015, dengan harapan-harapan yang baru.

“Selamat Tahun Baru 1 Januari 2015! Tuhan Yesus memberkati kita semua!”

0 comments:

Posting Komentar