Rabu, 24 Desember 2014

“Berjumpa Dengan Allah Dalam Keluarga” (Kebaktian Malam Natal JGSN)


“Berjumpa Dengan Allah Dalam Keluarga” (Banding: Imamat26:12) adalah tema Natal 2014 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan yang ditetapkan oleh Majelis Klasis Kota Kupang Rayon 4, dengan sub tema: “Jadilah Keluarga Yang Selalu Bermazmur, Peduli Lingkungan, Peduli Kasih, dan Meneladani Palungan”.

PAUD JGSN
Kebaktian malam Natal di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol (Ketua Majelis Jemaat Gunung Sinai Naikolan) dengan liturgi yang khusuk dan hikmat, dan sejumlah rangkaian acara yang berlangsung meriah. Pembacaan Firman Tuhan terambil dari Titus 2:11-15 "Kasih karunia Allah menyelamatkan semua manusia".

Jack Kalla & Friends
Wujud perjumpaan dengan Allah, sesuai dengan tema Natal “Berjumpa Dengan Allah Dalam Keluarga” yang juga merupakan tema Natal Nasional tahun 2014 ini, adalah kehadiran Yesus di dalam dunia. Kehadiran Yesus di dalam dunia bukanlah kehadiran mendadak, yang tak terencana atau kebetulan. Kehadiran Yesus merupakan penggenapan nubuat para nabi. Ia datang bukan sekedar sebagai nabi, juga bukan sekedar sebagai Imam atau Raja. Ia datang untuk menjadi Juruselamat bagi dunia dan manusia.
Duet: Frindi De Jesus & Sonia H. Talas

Memperingati Natal, menurut Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol adalah memperingati peristiwa Allah dalam rupa bayi Yesus yang hadir melalui keluarga Yusuf dan Maria. Perjumpaan dengan Allah bukan atas kehendak manusia, melainkan atas kehendak Allah. Perjumpaan dengan Allah juga merupakan kasih karunia Allah kepada manusia.

Lebih lanjut, ditekankan bahwa kasih karunia Allah dalam “perjumpaan dengan Allah” adalah:

  1. Meniadakan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi (ayat 12),
  2. Kekuatan untuk membangun hidup yang bijaksana, hidup yang adil dan hidup yang beribadah,
  3. Kekuatan untuk memisahkan suatu umat yang rajin berbuat baik yakni umat beriman atau umat percaya untuk menjadi milik Allah, dan
  4. Kekuatan memulihkan dari yang terpuruk dan hina menjadi berharga.
Schola Cantorum Jemaat Gunung Sinai Naikolan

               
Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol menegaskan bahwa kita mesti bersyukur bahwa kita adalah milik Allah yang berharga.

Kebaktian malam Natal yang berlangsung hikmat ini juga dimeriahkan oleh persembahan puji-pujian dari PAUD JGSN, Vocal Group, Solo/Duet, dan Paduan Suara dari Jemaat Gunung Sinai Naikolan. Kebaktian malam Natal ini diakhiri dengan jamuan kasih bersama dengan segenap Jemaat Gunung Sinai Naikolan, dan penyerahan penghargaan, hadiah dan piala oleh Tim Perayaan Advent dan Natal 2014 kepada peserta pemenang lomba JGSN Bermazmur yang diselenggarakan pada 14-15 Desember 2014 lalu.

“Selamat Merayakan Natal 25 Desember 2014!”

0 comments:

Posting Komentar