Kamis, 02 Januari 2014

Jemaat Gunung Sinai Naikolan


Oleh: Administrator

Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN) adalah jemaat yang berada dalam lingkup pelayanan Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), Rayon IV Klasis Kota Kupang. Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN) menjadi jemaat yang mandiri dalam pelayanannya sejak 31 Mei 2009, setelah dimekarkan dari Jemaat Imanuel Oepura (JIO) sebagai jemaat induk. JGSN dibagi dalam 6 (enam) Persekutuan Lingkup Jemaat (Rayon) yakni Rayon 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) ± --- KK dan terus bertambah.
               
Pada awalnya, Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN) adalah bagian dari anggota Jemaat Imanuel Oepura (JIO) yang berada di dalam 3 (tiga) Persekutuan Lingkup Jemaat (Rayon) yakni Rayon 18, 19, dan 20 dengan  jumlah Kepala Keluarga (KK) pada tahun 2005 tercatat sebanyak 200 KK atau ± 732 jiwa, dan terus tumbuh berkembang  menjadi 235 KK atau ± 1000 jiwa pada saat pemandirian tahun 2009.

Rayon 18, 19, dan 20 Jemaat Imanuel Oepura adalah 3 rayon yang memiliki wilayah pelayanan yang berdekatan satu dengan yang lainnya di wilayah Kelurahan Naikolan dan Kelurahan Sikumana-Kecamatan Maulafa-Kota Kupang. Secara spesifik, Jemaat Rayon 18, 19, dan 20 berada di daerah mulai dari sekitar Pekuburan Umum Oepura (Kel. Naikolan), daerah di sekitar Air Lobang (Kel. Sikumana), sampai dengan daerah di pinggiran Kali Labat (Kel. Naikolan).

Seiring berjalannya waktu dan pesatnya pertumbuhan jumlah anggota jemaat, khususnya jemaat di Rayon 18, 19, dan 20 (JIO), maka pembentukan mata jemaat baru menjadi suatu kebutuhan mutlak. Pemekaran jemaat menjadi satu-satunya opsi (pilihan) demi meningkatkan pelayanan yang lebih fokus dan terpadu kepada jemaat.

Pada Juni 2005 terbentuklah panitia untuk membangun Pos Pelayanan yang secara legal dilegitimasi dengan Surat Ketetapan Majelis Jemaat Imanuel Oepura No 09/GMIT/SK-JIO/2005 tentang Komposisi Personalia Panitia Pembangunan Pos Kebaktian Rayon 18, 19, dan 20 Jemaat Imanuel Oepura yang telah direvisi pada tanggal 23 Maret 2006. Dan sejak tahun 2005 pula Pos Pelayan tersebut mulai melakukan aktifitas pelayanan kepada jemaat ketiga rayon.

Pada persidangan Lengkap Majelis JIO tahun 2005, pemekaran ketiga rayon JIO diusulkan secara resmi oleh Komisi Pengembangan Jemaat JIO yang diketuai oleh Pnt. Alex Bureni, SH.

Menindaklanjuti penetapan pleno majelis pada persidangan tersebut maka dibentuklah Panitia Pembangunan Pos Pelayanan JIO dengan Surat Keputusan JIO No. 09/GMIT/SK-JIO/2005 tanggal 12 Maret 2005 dengan mengangkat Pnt. Ir. Esthon L. Foenay, M.Si. sebagai Ketua Umum dan Drs. Ady Endezon Mandala, M.Si. sebagai Ketua Pelaksana Pembangunan serta susunan kepanitiaan yang dilengkapi dengan seksi-seksi guna mendukung kelancaran pembangunan.

Peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Kebaktian JGSN dilakukan pada 15 Agustus 2005. Dan atas kerja keras Panitia Pembangunan dan partisipasi jemaat, Pembangunan Rumah Kebaktian JGSN rampung dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama: 3 (tiga) tahun 11 (sebelas) bulan 19 (sembilanbelas) hari.

Pada Minggu tanggal 31 Mei 2009, Jemaat Gunung Sinai Naikolan resmi dithabiskan menjadi sebuah jemaat mandiri yang memperhadapkan Pendeta Ch. S. V. Lada-Messakh, SSi.Teol. sebagai Pelayan Jemaat dan sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Jemaat Gunung Sinai Naikolan periode 2009-2014.

Dan pada tanggal 3 Agustus 2009 dilakukan pengresmian dan penthabiasan Rumah Kebaktian Jemaat Gunung Sinai Naikolan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs Frans Lebu Raya, yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur, Ir. Benny Ndoen Boey dan Ketua Majelis Sinode Gereja Masehi Injili di Timor, Dr. Eben Nuban Timo.


Profil JGSN:

Nama                                    : Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN)
                                                  Rayon IV Klasis Kota Kupang-GMIT.

Sekretariat                          : Jl. Mengkudu, Gang II No: 07 Naikolan
  Kupang-Nusa Tenggara Timur.

Telepon                               : 0380 834 334

Email                                     : gunungsinainaikolan@gmail.com

Mandiri                                                : 31 Mei 2009

Penthabisan Rumah
Kebaktian JGSN                                : 3 Agustus 2009

0 comments:

Posting Komentar