Minggu, 14 Desember 2014

Kabar Keselamatan Dari Allah Kepada Semua Orang (Kebaktian Minggu Advent III)

Cavik Farida Kafolakari, S.Th.

“Kabar Keselamatan Dari Allah Kepada Semua Orang” adalah tema perayaan Minggu Advent III di Jemaat Gunung Sinai Naikolan yang ditetapkan oleh Kalsis Kota Kupang Rayon IV. Kebaktian diawali dengan pembakaran tiga lilin sebagai simbol memasuki Minggu Advent III. Kebaktian Minggu Advent III (Minggu, 14 Desember 2014) ini dipimpin oleh Calon Vikaris Farida Kafolakari, S.Th. Pembacaan Firman Tuhan terambil dari Matius 19:16-26 dengan judul bacaan “Orang muda yang kaya”. Majelis Rayon yang bertugas adalah Majelis Rayon 1 Jemaat Gunung Sinai Naikolan.

RENUNGAN (Warta Pelayanan JGSN 14 Desember 2014):

Sehubungan dengan Minggu-minggu Advent maka saya mengundang saudara semua untuk kita bersama memahami dua hal utama dalam bacaan Injil Matius 19:16-26, yaitu:
  1. Apakah mudah memakai harta kita sebagai alat pelayanan?
  2. Dengan cara apa kita jadikan harta kita sebagai alat pelayanan?

Pertama, apakah mudah memakai harta milik kita sebagai alat pelayanan? Syarat pertama, kita harus menjadi tuan, penguasa atas harta kita. Jika kita jadi tuan atas harta kita, maka kita bebas mengatur dan mempergunakannya. Tapi kalau harta kita yang menjadi tuan lalu kita menjadi hamba harta (Alkitab: “hamba uang”) jelas kita tidak bebas, tidak bersedia bahkan tidak berani mempergunakan harta kita, karena harta menjadi tuan yang mengatur kita. Syarat kedua, berhubungan dengan hati kita. Bila hati kita ditaruh melekat pada harta maka kita tidak dapat memberikan harta kita kepada pihak lain, apalagi memberikannya sebagai pemberian. Tetapi bila hati kita dan hidup kita diarahkan kepada Tuhan dan kepada sesama manusia maka kita dengan mudah bisa memakai harta kita sebagai alat untuk melayani Tuhan dan sesama.

Kedua, bila kita memilih untuk menjadikan harta kita sebagai alat pelayanan maka kita harus benar-benar mengatur harta milik kita sebagai barang untuk dipakai, bukan barang untuk dilindungi. Tiap-tiap kali kita wajib melihat harta milik kita sebagai “tanda” bahwa Allah di dalam Kristus sedang memanggil kita untuk “bagikanlah kepada orang miskin dan ikutlah Aku!” Menjawab “Ya” pada panggilan Yesus berarti hidup dengan hati dan tangan terbuka terhadap Tuhan dan sesama. Setiap kali kita dipanggil untuk mengingat orang lain di sekitar kita agar berbagi dengan mereka. Bila anda memiliki sesuatu yang lebih, carilah di sekitar anda, pasti Tuhan sedang menyiapkan seorang miskin yang cocok untuk menerima apa yang lebih pada anda itu. Ketika kita memakai harta kita untuk menolong orang lain maka kita telah meresponi keselamatan yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Amin! [Admin]

“Selamat memasuki Minggu Advent III!”

0 comments:

Posting Komentar