Jumat, 05 Desember 2014

Pembuatan Palungan Di Tiap-Tiap Rayon (JGSN)

Karya Palungan di Rayon 1 JGSN

Pembuatan dan pemajangan palungan di masing-masing Rayon di Jemaat Gunung Sinai Naikolan merupakan salah satu kegiatan perayaan dalam rangka merayakan minggu-minggu Adven dan Natal. Pekerjaan pemajangan palungan di masing-masing rayon ini dijadwalkan dari tanggal 1-6 Desember 2014 yang dikoordinir oleh Koordinator masing-masing Rayon, UPP PAR dan UPP PI/PD di bawah tanggungjawab Wakil Ketua 2 MJH GSN.

Usai melaksnakan pekerjaan pemajangan palungan, Tim Perayaan beserta segenap MJH GSN dan UPP akan melakukan perkunjungan ke setiap lokasi palungan di masing-masing rayon dan melakukan sharing bersama jemaat rayon. Jadwal perkunjungan ke lokasi palungan dilaksanakan pada 8-10 Desember 2014.

Berikut ini adalah uraian selengkapnya dari Tim Perayaan tentang kegiatan Pemajangan dan Kunjungan Palungan:

PAJANG PALUNGAN:

  1. Kegiatan “Pajang Palungan” di setiap rayon dipajang di tempat strategis agar dapat dilihat oleh masyarakat umum. Pajangan dimulai tanggal 1 s.d. 6 Desmber 2014. Para Koordinator Rayon dan semua Presbiter bersama dengan unsure kategorial/fungsional di rayon dapat membuat Palungan berdasarkan konsepsi (pengertian, pendapat, rancangan yang ada dalam pikiran) tentang Palungan berkaitan dengan kelahiran Yesus.
  2. Setiap Rayon dapat mengembangkan konsepsi tentang Palungan:

-Apa yang anda ketahui tentang Palungan,
-Apa makna palungan bagi orang percaya.
               
                Palungan dalam kata Yunani: ‘fatne’ yang diterjemahkan ‘Kandang’. Selain di Palestina palungan dikenal juga di negeri-negeri lain. Di Palestina kandang binatang disatukan dengan rumah pemilik binatang itu dan di kandang itulah terdapat palungan. Dalam kandang-kandang kuda raja di Megido yang dibangun pada zaman bangsa Omri, terdapat batu-batu besar yang diliangi/dilubangi sebagai tempat palungan. Tradisi Kristen mengatakan bahwa Yesus lahir dalam gua di dekat Betlehem. Dalam hal ini palungan yang disebut-sebut di situ mungkin sekali pada lubang dalam dinding batu itu.

Lukas 2:7, kata yang diterjemahkan dengan palungan adalah tempat makanan binatang dan karena itu bisa berarti kandang maupun palungan.

Apa yang kita ingat tentang Palungan berkaitan dengan Adven dan Natal? Itu yang dipajang dalam kesederhanaan namun dapat melengkapi perayaan Adven dan Natal tahun ini.

KUNJUNGAN PALUNGAN:

  1. “Kunjungan Palunga” dilakukan oleh Tim Perayaan Adven dan Natal, Majelis Jemaat Harian GSN, semua Unit Pembantu Pelayanan yang akan mendatangi setiap Rayon untuk sharing seputar “konsep dan makna Palungan”.
  2. Jadwal kunjungan diatur sebagai berikut:

Senin, 8 Desember 2014               Jam 16.00-17.00: Rayon 1
                                                                Jam 17.00-18.00: Rayon 2
Selasa, 9 Desember 2014              Jam 16.00-17.00: Rayon 3
                                                                Jam 17.00-18.00: Rayon 4
Rabu, 10 Desember 2014              Jam 16.00-17.00: Rayon 5
                                                                Jam 17.00-18.00: Rayon 6

0 comments:

Posting Komentar