Kamis, 01 Januari 2015

Kita Adalah Ciptaan Baru Di Dalam Kristus (Kebaktian Tahun Baru di JGSN)


Kebaktian Tahun Baru, Kamis, 1 Januari 2015 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Sekretaris Sinode GMIT, Pdt. Benyamin Naralulu, M.Th. Pada kebaktian kali ini Nats Pembimbing terambil dari: 2 Korintus5:17 dan pembacaan Firman Tuhan berdasrkan Ulangan 6:16-25 di bawah judul “Kasihkepada Allah adalah perintah yang utama”.

“Salam damai Tahun Baru bagi kita semua. Dalam sukacita ini marilah kita mengenang dalam benak, bagaimana Allah memelihara kehidupan kita sepanjang tahun 2014. Berbagai hal kita lewati, bermacam tantangan kita hadapi tetapi juga begitu banyak bahagia kita dapati.” (Sapaan awal oleh Majelis dalam Panggilan Beribadah).

Mengawali khotbahnya, Pdt. Benyamin Naralulu, M.Th. juga menyinggung tentang kesuksesan-kegagalan, pahit-manis kehidupan maupun suka-duka yang telah kita lewati di tahun 2014, dan di saat memasuki tahun yang baru, 2015. Ada 2 pertanyaan:

  1. Apa yang baru dalam menyambut tahun baru?
  2. Apa yang mesti kita lakukan di tahun yang baru?
VG. Lilin Kecil dari Jemaat Koinonia Kupang


Apa yang baru sehingga kita beribadah pada tahun baru ini? Menurut Pengkhotbah 1:9, “Apa yang pernah ada akan nada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.”

Menurut Nats Pembimbing 2 Korintus 5:17, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”.

Apa yang baru di dalam Kristus?


  1. Tahun Baru akan menjadi bermakna jika itu ditempatkan di dalam Kristus, hadir dalam kesederhanaan, karena Yesus sendiri hadir dalam kesederhanaan.
  2. Yang ada di dalam Kristus harus solider/mau berbagi dengan orang lain, dan berbelas kasih dengan sesama.
  3. Karena kita berada dalam Kristus, maka mestinya perayaan tahun baru membawa damai kepada orang lain bukan teror.


Apa yang mesti kita lakukan di tahun yang baru?

“Janganlah kamu mencobai Tuhan, Allahmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa.” (Ulangan 6:16). Kita harus selalu bersyukur; hidup dengan penuh ucapan syukur kepada Tuhan. Jangan sekali-kali mencobai atau melecehkan kasih setia Tuhan. “….siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

“Selamat Tahun Baru 1 Januari 2015! Tuhan Yesus memberkati kita semua!”

0 comments:

Posting Komentar