Minggu, 25 Mei 2014

Rajin Berbuat Baik (JGSN Minggu, 25 Mei 2014)


Kebaktian Utama Minggu Minggu, 25 Mei 2014 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan berlangsung dengan Tema khotbah “Rajin Berbuat Baik”. Kebaktian dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. (Ketua MJ Gunung Sinai Naikolan) dengan menggunakan Liturgi Kebaktian Utama Minggu Model 1 GMIT.

                Lagu-lagu yang pakai sesuai dengan yang tercantum  di dalam Liturgi Model 2, kecuali lagu-lagu pada tahapan Pembukaan, Nats Pembimbing, Persembahan dan Pengutusan terambil dari Pelengkap Kidung Jemaat (PKJ), sebagai berikut: PKJ 11:1, 2; PKJ 15; PKJ 145:1 dst + PKJ 146; dan PKJ 183:1, 2.

Pembacaan Nats Pembimbing terambil dari Galatia 6:10, dan pembacaan Firman Tuhan menurut 1 Petrus 3:13-22 dengan sub judul: “Menderitadengan sabar”.

Dalam khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. menekankan tentang Rajin berbuat baik sebagai Pokok panggilan Iman orang Kristen.

Mother Theresia pernah berkata: “Ketika engkau berbuat baik, orang mencurigaimu dengan mengatakan ia berbuat baik karena pasti ada maunya. Ketika engkau berbuat jujur, engkau dianggap sok. Jika engkau sudah banyak berbuat baik dan seketika kebaikanmu dibakar orang, saya ingin mengatakan jangan pernah berhenti berbuat baik!”

Rajin berbuat baik adalah panggilan citra diri kita, yakni berbuat baik kepada sesama/semua orang terutama teman-teman seiman. Iman Kristen ditandai dengan rajin berbuat baik, dan harus dilakukan dimana-mana. Kita harus mensyukuri setiap perbuatan baik kita sekecil apapun itu.

Dalam pembacaan Firman di atas, terdapat lima nilai kehidupan Iman Kristen:
  1. Orang Kristen harus tetap tegar dalam penderitaan, tahan uji, harus berusaha, dan tidak pernah menyerah (ayat 13-15).
  2. Hidup saleh (ayat 16).
  3. Memandang penderitaan sebagai kehendak Allah (ayat 19-20).
  4. Menjalankan teladan hidup seperti yang Yesus lakukan (ayat 21).
  5. Merawat hati nurani kepada Allah (ayat 22).
Koor Musik Kaum Bapak Jemaat Koinonia

                Lima nilai kehidupan iman Kristen ini membuat orang Kristen dapat mengalahkan kejahatan dengan berbuat baik.
               
                Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. menegaskan bahwa  hari ini kita belajar lagi dari surat Petrus bagaimana melayani Tuhan dan sesama yaitu dengan berbuat baik. Pokok panggilan kehidupan beriman orang Kristen adalah rajin/tekun berbuat baik. Berbuat baik itu model hidup yang dikehendaki Allah.

                Kebaktian Utama Minggu dihadiri oleh Jemaat L: 116 orang, P: 196 orang, dan Majelis L: 24 orang, P: 29 orang. Majelis Rayon yang bertugas adalah Majelis Rayon 1 JGSN. Vokal Grup yang berpartisipasi dalam kebaktian adalah VG. Yobel, Solo dari Sisga Talas (Rayon 6) dan persembahan pujian dari Koor Musik Kaum Bapak Jemaat Koinonia-Kuanino. Organis dan Kantoria: Pietro T. M. Netti dan Schola Cantorum Gunung Sinai (Mimi dkk). [Admin]

Lihat Foto-foto selengkapnya!

Selamat Hari Minggu! Gbu!

1 comments: