Kamis, 29 Mei 2014

Kenaikan Yesus ke Sorga (JGSN Kamis, 29 Mei 2014)


Kebaktian memperingati peristiwa Kenaikan Yesus ke sorga, Kamis, 29 Mei 2014 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. (Ketua MJ Gunung Sinai Naikolan).

Pembacaan Nats Pembimbing terambil dari Efesus 4:9, dan pembacaan Firman Tuhan menurut Lukas 24:44-53 dengan dua sub judul: “Yesus menampakkan diri kepada semua murid dan Kenaikan Yesus”.

Dalam khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. memberi gambaran tentang keadaan yang ada di saat-saat akhir Yesus terangkat ke sorga:


  1. Yesus memberikan tugas kepada murid-murid-Nya; memberitakan Injil dan membaptis di dalam nama Yeaus. Yesus juga menegaskan behwa Ia adalah Mesias yang diberitakan di dalam kitab-kitab para nabi.
  2. Yesus menjanjikan penolong (Roh Kudus) bagi murid-murid. Roh Kudus menolong murid-murid untuk berkhotbah dan bersaksi.
  3. Yesus memberkati murid-murid lalu naik ke sorga.


                Dari pembacaan Firman, kita dapat merenungkan beberapa hal bagi kehidupan beriman kita:

  1. Peristiwa kenaikan Yesus menandai masa-masa akhir Yesus bersama murid-murid. Hubungan Yesus setelah naik ke sorga adalah hub roh, bukan hubungan fisik. Iman yang bergantung secara fisik sudah berakhir.
  2. Peristiwa kenaikan Yesus menandai suatu awal baru. Murid-murid mengahadapi peristiwa itu bukan dengan hati yang hancur, tapi dengan sembah sujud. Kita patut bersyukur Yesus naik ke sorga: bahwa Ia berasal dari sorga, dan apa yang dikatakan tentang sorga adalah benar. Yesus pergi untuk menyiapkan tempat bagi kita, sehingga kalau kita mati hari ini pun, kita akan pergi kemana Yesus berada.
  3. Implikasinya seharusnya membuat kita berani tampil beda sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Kita harus berani, setia dan bertanggungjawab dalam tugas pelayanan kita masing-masing sampai dengan Tuhan Yesus datang kembali.  


                Kebaktian Kenaikan Yesus ke sorga dihadiri oleh Jemaat L: 74 orang, P: 1128 orang, dan Majelis L: 16 orang, P: 26 orang. Organis dan Kantoria: Pietro T. M. Netti dan Schola Cantorum Gunung Sinai (Mimi dkk). [Admin]

Selamat merayakan Hari Kenaikan Yesus ke sorga…!

0 comments:

Posting Komentar