Minggu, 11 Mei 2014

Hidup Berkelimpahan


Kebaktian Utama Minggu 11 Mei 2014 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. (Ketua Majelis Jemaat Gunung Sinai Naikolan), dengan jumlah kehadiran jemaat 310 orang (L: 116, P: 194) dan majelis 48 orang (L: 23, P: 25).

Pembacaan Nats Pembimbing terambil dari: Mazmur 23:1 dan Firman Tuhan menurut: Yohanes 10:1-10 dengan sub judul: “Gembala yang baik”.

Dalam khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, SSi.Teol. menekankan tentang memaknai hidup berkelimpahan.

“Siapakah yang tidak ingin hidup berkelimpahan?”

Hidup berkelimpahan sudah pasti merupakan hal yang dirindukan banyak orang. Walaupun makna dan cara memperoleh hidup berkelimpahan bisa berbeda-beda. Kita cenderung salah memaknai hidup berkelimpahan dan keliru menggunakan cara-cara untuk memperolehnya.

Perumpamaan tentang Gembala yang baik menghadirkan dua tipe gembala, yakni: gembala yang tidak dikenal oleh domba-dombanya, dan gembala yang mengenal domba-dombanya. Tipe gembala pertama cenderung tidak peduli dengan keadaan domba-dombanya dan bahkan bisa melukai. Tipe gembala yang kedua adalah gembala peduli, menjaga, merawat domba-dombanya, dan mencari domba yang hilang.

Yesus adalah Gembala yang baik, Yesus juga adalah pintu, dan kita adalah domba-domba-Nya.

Jika kita bersedia digembalakan oleh Yesus, maka kita akan merasakan pengalaman kasih-mengasihi dan layan-melayani. Sebagai pintu, Yesus adalah jalan keselamatan. Mereka yang masuk melalui Yesus akan "selamat", yaitu akan memperoleh hidup kekal yang berkelimpahan (Yoh 10:10); mereka akan memiliki semua yang diperlukan untuk dibebaskan dari dosa, kesalahan, dan hukuman. Yesus adalah satu-satunya pintu keselamatan; tidak ada yang lain. Sebagaimana domba, kita lemah, mudah terperdaya, tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, hanya dekat Yesus saja yang memberi kita tenang.

Hidup berkelimpahan adalah anugerah Tuhan. Jika dilakukan di luar Tuhan maka tidak akan sejahtera.

“Sebagai Gembala yang baik, yang taat dan setia, Kristus menginginkan kita memuliakan Tuhan dalam ‘karsa, karya dan kata’! AMIN!”

Kebaktian Utama Minggu kali ini juga diisi oleh puji-pujian dari vokal grup SOLAGRATIA dan persembahan pujian dari para Presbiter (Majelis) JGSN.  Majelis yang bertugas: Majelis JGSN Rayon 5. Organis + Kantoria: Pietro T. M. Netti + Schola Cantorum GSN (Mimi dkk). [Admin]

Selamat Hari Minggu! Tuhan Yesus berkati!

0 comments:

Posting Komentar