Minggu, 13 Desember 2015

Janji Keselamatan

Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol.

Kebaktian Utama Minggu merayakan Minggu Adven ke-3, Minggu, 13 Desember 2015 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan  mengambil tema “Jalan Keselamatan”. Kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. juga dilakukan peneguhan terhadap 49 Penatua, 48 Diaken dan 2 Pengajar Jemaat Gunung Sinai Naikolan masa bakti 2016-2019.
               
Firman Tuhan terambil dari Kitab Perjanjian Lama: Zefanya 3:9-13Jalan Keselamatan”.
               
“Ada dua perkataan menarik dalam nats ini, yaitu “bibir lain” dan “bahu-membahu. Kedua perkataan itu berhubungan erat dengan kehidupan ibadah Israel yang merosot. Merosotnya kehidupan ibadah itu tidak lepas dari perilaku para pemeran andalan dalam kehidupan umat Allah, yaitu para pemuka, para hakim, para nabi dan imam (Zef. 3:3-4). Kepeloporan dan keteladanan tokoh-tokoh andalan itu merosot. Akibatnya bangsa Israel dihukum Tuhan dengan membuang mereka ke negeri asing, di tengah-tengah bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Tetapi sesudah hukuman, Tuhan akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, sehingga mereka beribadah kepada Tuhan dengan bahu-membahu. Artinya, manusia akan dikuduskan sehingga berada dalam hubungan yang benar dengan Tuhan, dan hidup bersama dengan damai. Allah menggenapi rencana itu dalam Yesus Kristus, sehingga Gereja (persekutuan orang-orang percaya) disebut Israel baru.
               
Orang-orang percaya yang terhimpun dari berbagai latarbelakang (bahasa & budaya) bisa hidup bersama karena melalui Roh Kudus Allah telah memberikan bibir (bahasa) yang memampukan untuk saling mengerti, saling mendorong, saling membantu dalam membangun gereja sebagai tubuh Kristus. Kita patut mensyukuri karya besar Allah itu dengan cara memelihara apa yang telah dikerjakan Allah. Kita wujudkan syukur itu melalui fungsi dan peran kita masing-masing, baik sebagai warga jemaat maupun sebagai pejabat-pejabat pelayanan di dalam Gereja Tuhan.” (Warta Pelayanan JGSN 13 Desember 2015—Minggu Adven III).

“Selamat hari Minggu & Selamat merayakan Minggu Adven Ke3!”

0 comments:

Posting Komentar