Minggu, 11 Januari 2015

Engkau Berharga Di Mata-Ku

Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol.

Kebaktian Utama Minggu, 11 Januari 2015, di Jemaat Gunung Sinai Naikolan dipimpin oleh Ketua Majelis Jemaat GSN, Pdt. Ch. S, V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. Kebaktian Utama Minggu kali ini mengambil tema: “Engkau Berharga Di Mata-Ku” sesuai dengan bacaan Firman Tuhan yang terambil dari kitab Perjanjian Lama, Yesaya 43:1-7Allah adalah satu-satunya penebus.

Kebaktian berlangsung menggunakan Liturgi Model 1, dengan puji-pujian yang terambil dari himpunan Pelengkap Kidung Jemaat: PKJ 17:1-2 (Buka), PKJ 58:1-2 (setelah Nats Pembimbing), PKJ 146 & PKJ 150:1 (Persembahan), dan PKJ 281:1, 3 (Pengutusan). Majelis yang bertugas adalah Majelis Jemaat Rayon 5.

Renungan (Warta Pelayanan JGSN, Minggu, 11 Januari 2015):

Betapa indah dan dalamnya Allah melukiskan diri-Nya dan sikap-Nya kepada umat-Nya dalam bagian ini. “Akulah Tuhan Allahmu, yang Mahakuasa, Allah Israel, Juruselamatku.”

Tuhan Allah Israel itu tidaklah sekedar menciptakan dan membentuk Israel. Ia juga yang memanggil Israel dan telah menebus mereka dari kesalahan fatal yang mengakibatkan mereka hancur. Kesalahan yang dilakukan Israel tidak lagi diingat Allah. Pelanggaran Israel telah dihapus dan Allah mengangkat lagi mereka menjadi harta yang berharga. Allah mengingatkan Israel bahwa umat kepunyaan-Nya, Israel sedemikian berharga di mata Tuhan, mulia dan berharga bagi Tuhan. Tuhan sungguh-sungguh mengasihi umat-Nya.

Tindakan penyelamatan ini menunjukkan bahwa Tuhan tidak hanya mencipta umat-Nya, tetapi juga menebus dan menyelamatkan umat-Nya melalui penyertaan-Nya. Israel adalah milik-Nya. Seperti orangtua yang tidak memutuskan hubungan dengan anaknya karena anak itu melakukan kesalahan. Demikian pula Allah memperhatikan kita umat-Nya. Meski kita sering membuat Ia marah karena perbuatan dosa kita, kasih-Nya tidak berubah.

“Selamat hari Minggu! Selamat menyongsong Minggu-minggu Epifania! Tuhan Yesus Berkati!” 

0 comments:

Posting Komentar