Senin, 13 Januari 2014

Perayaan Natal Perdana PAUD GSN

Penyalaan Lilin Natal: Pdt. Ch. S.V. Lada-Messakh, S.Si.Teol

Perayaan Natal PAUD Gunung Sinai Naikolan (PAUD GSN) digelar pada hari Senin, 13 Januari 2014 pukul 17.00 wita bertempat di rumah kebaktian Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN). Perayaan Natal yang baru pertama kali ini diselenggarakan dengan sangat meriah oleh murid-murid PAUD GSN mulai dari persembahan puji-pujian, tarian, puisi, melafalkan nats-nats Alkitab dan bahkan memperagakan sebuah fragmen (drama singkat) tentang peristiwa Kelahiran Yesus.
               
Perayaan yang diawali dengan nyanyian “Aku Anak PAUD” dan “Di Doa Ibu” oleh murid-murid PAUD GSN ini dibuka dengan doa oleh Ketua Majelis JGSN, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. yang juga sebagai Pelindung Penasehat PAUD GSN. Setelah doa pembukaan, dilanjutkan lagi dengan persembahan lagu “Burung Pipit yang Kecil”, dan Puisi Natal oleh seorang murid PAUD, Angela Louisa Dethan.

Prosesi penyalaan lilin Natal dipimpin langsung oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. didampingi oleh Drs. Ady E. Mandala, M.Si. (Wakil Ketua III MJH GSN) dan Melkiur Nenobahan (mewakili Majelis Jemaat GSN), dan diikuti oleh seluruh murid dan orang tua murid. Prosesi penyalaan lilin berlangsung meriah dengan melakukan arak-arakan mengelilingi pohon Natal, dan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Lilinku yang Kecil” oleh anak-anak PAUD GSN kelas A (usia 3-4 tahun).

Acara juga dimeriahkan dengan persembahan tarian “Sambut Sang Raja Damai”  sebelum memasuki pembacaan Firman Tuhan oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. yang terambil dari kitab Injil Lukas 2:1-7.
(Kelahiran Yesus. 2:1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. 2:2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. 2:3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. 2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud -- 2:5 supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. 2:6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.).

Khotbah langsung diperagakan oleh anak-anak PAUD dalam sebuah fragmen (drama singkat) yang diperankan dengan sangat memukau. Yusuf dan Maria, Herodes dan Isteri, Gembala-gembala, 3 Orang Majus, dan Malaikat-malaikat diperankan dengan sungguh-sungguh.

Perayaan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tim Pengajar PAUD yang membawakan lagu “Gita Sorga Bergema” sebelum ditutup dengan persembahan lagu “Selamat Hari Natal/We Wish You a Merry Christmas” oleh anak-anak PAUD.

Acara Perayaan Natal PAUD GSN yang dihadiri oleh Tim Pengajar PAUD, orang tua murid, Majelis Jemaat, dan Koordinator Rayon ini diakhiri dengan santap malam bersama, dan pembagian Buku Laporan Pendidikan (Raport) kepada murid-murid PAUD GSN yang telah menyelesaikan semester pertama pendidikan dalam Tahun Ajaran 2013-2014.

Ketua Tim Perayaan Natal PAUD GSN, Rohana. J. M. Netti-S, dalam pesan dan kesannya mengatakan: “Perayaan Natal ini dilaksanakan dalam rangka mendidik dan meningkatkan tumbuh kembang anak dalam hal pengenalan akan Firman Tuhan khususnya tentang peristiwa Kelahiran Yesus, Tuhan dan Juruselamat. Sebagaimana yang tertulis di dalam II Timotius 3:15 (Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.), anak-anak sedini mungkin perlu dididik untuk bisa menjadi terang dunia.”

Ketua Tim juga mengucapkan limpah terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh pihak sehingga acara perayaan natal yang baru pertama kali digelar ini dapat berlangsung dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Pengelola PAUD GSN, Maria M. Netti-Nge, mengatakan bahwa pelaksanaan perayaan Natal seperti ini sangat perlu dan mempunyai manfaat yang sangat positif dan sangat baik bagi anak-anak yang masih di usia dini. “Perayaan Natal ini dapat memberi pengenalan dan penghayatan iman bagi anak-anak. Mereka dapat menghayati makna Natal sesuai dengan usia mereka. Di samping itu, kita wajib memberi pengenalan yang benar akan Firman Tuhan kepada anak-anak.” Lanjutnya sambil mengutip Matius 19:14 (Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.").

                Pesan dan kesan Natal juga disampaikan oleh Wakil Ketua III MJH GSN, Drs. Ady E. Mandala, M.Si. yang sangat bangga dengan semua penampilan kreasi dari anak-anak didik PAUD GSN yang baru saja menjalani semester pertama pendidikan. “PAUD GSN baru berusia 6 bulan kurang 2 hari, tapi perkembangan anak-anak didik sudah sangat luar biasa seperti yang sudah ditunjukkan tadi lewat penampilan-penampilan mereka. Kita mesti bersyukur karena JGSN sudah memiliki PAUD yang dapat mendidik anak-anak untuk bisa mengembangkan potensi dan tumbuh kebang anak. Ini semua bisa terjadi karena tuntunan dan campur tangan Tuhan, dan partisipasi orang tua murid dan segenap jemaat.” [Admin]

Lihat Foto Natal Perdana PAUD GSN selengkapnya!

0 comments:

Posting Komentar