Sabtu, 24 Desember 2016

Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat

Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol


“Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat, Yaitu Kristus, Tuhan, Di Kota Daud” adalah Tema Kebaktian Malam Natal di Jemaat Gunung Sinai Naikolan (JGSN), Sabtu, 24 Desember 2016.

Kebaktian menyambut Natal yang dimulai pukul 18.00 wita ini dipimpin oleh Ketua Majelis Jemaat Gunung Sinai Naikolan, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. dengan mengambil bacaan Firman dari Lukas 2:8-20 (“Gembala-gembala”).


Dalam khotbahnya, Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. menekankan tentang makna Natal sebagai sebuah peristiwa iman berjumpa dengan Allah.

“Natal adalah peristiwa dimana Allah berkenan untuk hadir dan diam di antara kita. Allah berkenan hadir di tengah-tengah pergumulan-pergumulan kita. Allah senantiasa berkenan hadir dalam segala segala persoalan kehidupan kita.”

Kita sama-sama sudah melewati perayaan Minggu-minggu Adven dengan berbagai isu sosial yang cukup membuat bulu kuduk kita berdiri. Gempa bumi yang menyisakan penderitaan saudara-saudara kita di Aceh. Serangkaian kecelakaan baik itu kecelakaan udara, laut dan darat yang menyisakan duka bagi keluarga-keluarga yang ditinggalkan. Kekerasan terhadap anak-anak di pulau Sabu yang begitu meninggalkan trauma bukan saja bagi anak-anak tapi juga bagi kebanyakan orang tua. Dan masih segar dalam ingatan kita berita-berita mengenai kegiatan-kegiatan sweeping yang dilakukan di beberapa tempat di tanah air.

Semuanya ini adalah persoalan-persoalan kehidupan yang menjadi pergumulan bebagai pihak. Dan mala mini kita mempersiapkan diri untuk merayakan keyakinan iman bahwa Allah senantiasa hadir dalam seluruh persoalan kehidupan kita, termasuk pergumula-pergumulan yang saya sebutkan.” Demikian inti makna Natal yang disampaikan oleh Pdt. Ch. S. V. Lada-Messakh, S.Si.Teol. di awal khotbahnya.

Kebaktian yang dihadiri oleh segenap Jemaat Gunung Sinai Naikolan dan jemaat tetangga ini juga dimeriahkan oleh persembahan puji-pujian dari Vokal Grup-Vokal Grup (Selemia Voice, Galaksi, dan Solagratia) dan Duet (Pak Jack Kalla-Ibu Ines dan Sisga-Mona).

Puncak kebaktian perayaan malam Natal ditandai dengan penyalaan lilin Natal pada sesi/tahapan Candle Light (Cahaya Lilin). Pelayan menyalakan lilin kecil dari api yang berasal dari lilin besar dan membagikan kepada Penatua/Diaken/Pengajar dan diteruskan kepada seluruh jemaat/umat dengan diiringi nyanyian Kidung Jemaat No 92:1-3 “MALAM KUDUS”. [Admin]

“SELAMAT NATAL 25 DESEMBER 2016!”

0 comments:

Posting Komentar