Minggu, 09 Februari 2014

JGSN Minggu, 9 Februari 2014

Cavik. Welly Oematan, S.Th.

GARAM DUNIA & TERANG DUNIA

“Apa pilihan kita bila sewaktu-waktu kita disuguhi 2 (dua) jenis hidangan yang satu adalah hidangan yang segar, baru dan enak, dan yang lain adalah hidangan lama, busuk dan basi?”
                                       
Demikian Cavik Welly Oematan, S.Th. mengawali khotbah pada Kebaktian Utama Minggu 9 Februari 2014 di Jemaat Gunung Sinai Naikolan. Kebaktian yang di hadiri oleh 404 jemaat (Jemaat L: 141 orang, P: 213 orang, dan Majelis L: 23 orang, P: 27 orang) mengambil pembacaan Nats Pembimbing dari 1 Korintus 2:12, dan pembacaan FirmanTuhan dari Matius 5:13-16; “Garam Dunia dan Terang Dunia”.

Pertanyaan di atas dimaksudkan untuk membuka wawasan kita (orang Kristen) untuk melihat kehidupan kita, dalam hal memilih menjalani kehidupan yang baik atau memilih kehidupan yang busuk.

Sesuai dengan pembacaan Firman Tuhan, tema yang diangkat oleh Cavik Welly Oematan, S.Th. dalam khotbahnya adalah “Menjadi Garam dan Terang Dunia dengan kekuatan Roh Kudus”.

Sebagaimana fungsi Garam yang menambah cita rasa makanan dan juga menjadi bahan pengawet untuk mencegah pembusukan, kita diajarkan untuk menjadi  Garam Dunia oleh Yesus. Kita harus menjadi seperti garam dengan segala fungsi yang melekat di dalamnya; memberi/menambah cita rasa bagi kehidupan dan mencegah pembusukan dalam kehidupan kita di dunia.

Begitu pula Terang, kita harus menjadi Terang Dunia; menjadi anak-anak terang yang memancarkan sinar dalam hidup/kehidupan agar baik kita maupun orang lain tidak terperangkap dalam kegelapan atau kesesatan hidup.

Di akhir khotbahnya, Cavik Welly Oematan, S.Th. menegaskan: “Untuk bisa menjadi Garam dan Terang Dunia, kita perlu meminta pertolongan Roh Kudus untuk bisa memampukan kita, agar kehidupan kita tidak busuk dan kita menjadi anak-anak terang!”

Kebaktian yang berlangsung dengan menggunakan Liturgi Kebaktian Model 1 ini mengambil puji-pujian jemaat dari himpunan Kidung Jemaat: Buka: KJ 242:1, 4; Nats Pembimbing: KJ 49:1, 4, 5; Persembahan: KJ 289 + 363; dan Pengutusan: KJ 356:1, 2. Majelis yang bertugas adalah Majelis Jemaat Rayon 4. Organis + Kantoria: Pietro Netti + Schola Cantorum GSN (Mimi dkk).

0 comments:

Posting Komentar