Jumat, 29 Maret 2024

Kebaktian Jumat Agung Jemaat Gunung Sinai Naikolan - Jumat, 29 Maret 2024

Kebaktian Jumat Agung - Jemaat Gunung Sinai Naikolan (Jumat, 29 Maret 2024)



Pelayan Firman: Pdt. Afliana S. Neno-Pay, S.Si.


Pembacaan Alkitab: Yohanes 19:28-42 

"Yesus mati"

"Lambung Yesus ditikam"

"Yesus dikuburkan"


Tema: "Sengsara & kemenangan Kristus memberi jalan keutuhan, keadilan & damai sejahtera"


Tema Khotbah: "Derita & kematian Kristus sebagai satu-satunya jalan pembebasan"

---------------------------------------------------- 

"Jumat Agung: perayaan tentang Tubuh Kudus Anak Allah yang rela ditimpakan semua kengerian akibat karena Ia mengasihi manusia & mau menyelamatkan manusia......"


"Jumat Agung: peristiwa penyelamatan Allah, melalui Via dolorosa yang menjadi bukti pengorbanan Anak Domba Allah untuk menyelamatkan umat manusia......."

[Panggilan Beribadat - Liturgi Jumat Agung - JGSN]

----------------------------------------------------

Kematian Yesus adalah titik sentral keselamatan Allah bagi manusia. Pertobatan adalah wujud penghargaan pada penderitaan Kristus. Datang dengan penyesalan, pulang dengan pertobatan.


Melalui kematian Kristus kita harus selalu hadir untuk membantu derita sesama, memberi kehidupan bagi sesama, mau mengulurkan, merangkul sesama kita.


Kematian Kristus mengajarkan kita untuk mau berkorban melayani Tuhan & sesama, & mempersembahkan apa yang ada pada kita untuk kebaikan.

----------------------------------------------------

Semua penderitaan salib diakhiri Yesus dalam seruan "Sudah selesai!". Seruan bahwa selesai sudah penderitaan salib. Pemulihan & penyelamatan telah selesai dikerjakan.


Dosa, maut & iblis tidak lagi berkuasa atas setiap orang yang percaya kepada Kristus. Kristus adalah jalan keselamatan & jalan pembebasan dari semua belenggu dosa & akibatnya.


Hanya Kristus yang bisa memulihkan kita. Tidak ada jalan lain. Tidak ada pahlawan manapun yang membawa keselamatan bagi semua manusia. 


Pilihan kita adalah menerima jalan Kristus, menjalaninya persis seperti yang Kristus telah lakukan. [Pengutusan - Liturgi Jumat Agung - JGSN]


"Selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung! IMANUEL! Tuhan Yesus berkati kita semua!"

0 comments:

Posting Komentar